November 14, 2011

Khasiat Teh Hijau Untuk Lebih Muda

Khasiat Teh Hijau Untuk Lebih Muda

Khasiat teh hijau tidak hanya digunakan sebagai pengobatan dan minuman segar. Tapi telah banyak penelitian tentang teh hijau itu sendiri.



Studi di Norwegia menunjukkan bahwa mereka yang rajin minum teh minimal secangkir sehari akan dapat menekan angka kematian. Penelitian lainnya dengan subjek manusia usia lanjut (manula) di Belanda menghasilkan temuan bahwa risiko kematian akibat penyakit jantung menurun seiring dengan kebiasaan minum teh.

Banyak studi seperti yang dilakukan di Norwegia selain juga di Jepang ,China. Tapi rahasia terbesar teh hijau adalah sifat antioksidan yang berasal dari zat terpenting jenis polyphenol dari kelompok catechin dalam teh yang berperan sebagai antioksidan kuat, yaitu : 

1) epigallocatechin-3 gallat (EGCG),

2) epigallocatechin (EGC),


3) epicatechin-3 gallat (ECG).


EGCG adalah yang paling kuat, 100 kali vitamin C dan 25 kali vitamin E. Polyphenol yang mudah larut dalam air ini termasuk gugusan kelompok flavonoid yang biasanya terdapat dalam buah-buahan, sayuran, kopi, coklat dan anggur. 


Radikal bebas sendiri terbentuk secara alami dalam tubuh. Molekul ini dapat merusak sel-sel manusia. Orang menduga bahwa molekul inilah salah satu penyebab kanker, termasuk berbagai jenis penyakit lain seperti penyakit jantung dan penuaan.

Kandungan senyawa polifenol yang sangat banyak dalam teh hijau berperan sebagai pelindung terhadap kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker tersebut.

No comments:

Post a Comment

Kindly submit you comment in good way,thanks..